Cek Kebohongan di Jejaring Sosial

Internet memang bisa mempermudah segalanya, termasuk mencari jodoh. Tapi, hati-hati dengan informasi yang tertera di profil si dia. Wajahnya di foto memang terlihat tampan atau Cantik. Namun, bisa saja itu hanya kebohongan. Lalu, bagaimana mendeteksi kebohongan di profilnya? Tim peneliti dari University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat pun mencoba menganalisis.

Hasil penelitian menunjukkan, makin sering seseorang menggunakan kata “aku”, maka makin banyak ia berbohong. Termasuk berbohong soal usia, tinggi badan dan berat badan. “Pembohong melakukan hal ini karena mereka ingin menjauhkan diri dari pernyataan yang  menipu,” kata Catalina Toma, prosefor bidang komunikasi dari University of Wisconsin-Madison, seperti dikutip dari Shine.

Toma juga menjelaskan kalau si pembohong mengungkapkan kata “bahagia” sebenarnya ia ingin berkata “tak merasa sedih”. Lalu, kata “enerjik” berarti ia ingin mengungkapkan kalau dirinya “tak membosankan”. “Mereka merasa bahwa banyak hal yang harus dijelaskan. Termasuk terbebani oleh aspek kognitif untuk menjelaskan kepribadian dirinya secara lebih umum dan dalam kalimat yang pendek,” kata Toma.

Juga diketahui, sebanyak 80 persen orang yang jadi anggota sebuah situs kencan, melakukan kebohongan. Jadi, cobalah lebih teliti dan berhati-hati.

sumber : Vivanews.com

Posted on March 5, 2012, in ICT & Game, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: