Jangan Samakan Samurai dengan Pedang/Senjata (Katana)

Banyak saya dengar orang sering salah tafsir tentang Samurai yang dikait-kaitkan dengan pedang, perlu diketahui bahwa Samurai adalah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata “samurai” berasal dari kata kerja “samorau” asal bahasa Jepang kuno, berubah menjadi “saburau” yang berarti “melayani”, dan akhirnya menjadi “samurai” yang bekerja sebagai pelayan bagi sang majikan. Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士) (harafiah: “orang bersenjata”) yang digunakan semasa zaman Edo. Bagaimanapun, istilah samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan, dan bukan contohnya, ashigaru atau tentara berjalan kaki. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin (harafiah: “orang ombak”). Samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.

Apakah sudah ada gambaran, jadi Samurai itu bukanlah pedang, pernah saya denger di suatu berita, yang di bacakan Newsanchor, dia bilang : “sore tadi terjadi tauran antar pelajar di daerah ……, sejumlah siswa sekolah menengah atas membawa samurai” nah saya langsung ketawa geli, hehehe masa tauran bawa Samurai, apa di gendong gitu sang Samurai-nya, atau dituntun sambil lari-lari, hehehe😀 ada-ada aja, mungkin yang dimaksud sang newsanchor itu ialah Katana, atau senjata yang digunakan oleh sang Samurai yang terbuat dari baja, apa itu katana…

Katana adalah senjata yang identik dengan keberadaan Samurai, Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai massa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai massa Edo.

Pengertian Katana dan Samurai saya dapat dari Wikipedia.org, yang telah saya baca dari SMA dulu, dan saya baru bisa membedakan antara samurai dan katana itu dari serial anime Samurai X yang tayang pada jaman saya SD di SCTV. semoga orang-orang tidak salah kaprah antara Samurai dan Katana dan tidak menyebut katana dengan samurai.

Posted on May 16, 2012, in Umum and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Hahahahahaha…ya begitulah,banyak orang yang salah kaprah kalau samurai itu pedang,padahal bukan.

  2. Kasalah ini sudah merambah ke pihak yg harusnya lebih kritis seperti berita tv, internet, majalah, surat kabar, dsb.
    Penyampai berita harusnya mengedukasi, bukan memperparah.

    Saya ingin orang Indonesia lebih kritis, bukan masa bodoh dan ikut-ikutan seperti kasus ini.

  3. Om… bahasa jepang na katana,
    Trus bahasa lampung” katan” (k-a-t-a-n) artinya “terluka”.

    Dah hubungannya gak?

    • beda sih sepertinya, karena era sengoku dengan sejarah lampung tidak berkaitan, sementara katana sendiri artinya pedang, memang untuk melukai hehe tapi kebanyakan mereka menggunakan katana untuk membunuh pada zaman edo dulu, kalo sekarang sih punya macem-macem filosofi, ada yang digunakan untuk pelindung diri, seni, dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: