Lebih dari 50% Masyarakat Indonesia Menggunakan Software Bajakan

Baru baca berita seputar techno di Okezone, ternyata orang Indonesia sebagian besar menggunakan software bajakan, apa yang membuat mereka menyimpulkan berita tersebut? , jadi begini Business Software Alliance (BSA) mengadakan penelitian mengenai hal tersebut, mereka mengungkapkan bahwa sekitar 59% atau 305 pengguna komputer di Indonesia menggunakan software bajakan. Mereka berpendapat, hal inilah yang berkontribusi membuat tingkat pembajakan software di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik.

Survei perorangan yang dilakukan dengan responden sebanyak 518 pengguna komputer di Indonesia dan dilaksanakan pada Februari sampai Maret 2012. Para responden tersebut ditanyakan apakah mereka menggunakan software bajakan dan seberapa sering menggunakannya. Dari 59 persen respondfen yang mengaku menggunakan software bajakan, 5 persennya mengatakan selalu memperolehnya secara ilegal. Kemudian 14 persen mengatakan sering, 23 persen mengatakan hanya pada saat tertentu dan 17 persen lainnya mengatakan hanya sesekali saja memperoleh software ilegal. Selain itu juga diterangkan bahwa dari aspek gender, wanita mendominasi jumlah pengguna komputer yang mengaku mamakai software bajakan. Jumlah pengguna wanita sekira 54 persen, sedangkan pria sekira 46 persen. (http://techno.okezone.com/read/2012/05/15/325/630083/59-pengguna-komputer-indonesia-pakai-software-bajakan)

Saya sendiri berpendapat kalau pada saat sekarang ini memang software bajakan banyak digunakan bahkan para mahasiswa menurut saya jarang atau bahkan kecil kemungkinan menggunakan software original. Mungkin butuh kesadaran dari masyarakat untuk menghindari software bajakan, namun mau bagaimana lagi harga software original menurut saya masi sangat mahal, tapi itulah harga yang ditawarkan perusahaan penyedia software sesuai dengan kerja keras tim programmer, mereka juga mencari keuntungan lewat produknya. Yah harapan saya sih semoga aja harga software sepadan dengan pendapatan dan keuangan masyarakat, biar ga banyak terjadi pembajakan.

pict : poskota.co.id

Posted on May 16, 2012, in ICT & Game and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: